Interpersonal Skill, Terpancar Dari Dalam

Kalau dulu saya pernah menulis tentang intrapersonal skill, tulisan saya kali ini adalah tentang interpersonal skill.

Apa bedanya intrapersonal skill dan interpersonal skill?

Intrapersonal skill adalah kemampuan diri kita untuk memahami dan mengendalikan diri kita sendiri. Intrapersonal skill berbicara tentang perasaan, pikiran, gambar diri, dan hal-hal lain seputar itu.

Interpersonal skill adalah kemampuan kita dalam berinteraksi dengan orang lain. Interpersonal skill bisa juga disebut dengan social skill (kemampuan bersosialisasi). Interpersonal skill berbicara tentang komunikasi, kerja sama, empati, saling menghargai, dan sebagainya.

Secara lebih umum, intrapersonal skill menggambarkan hubungan ke dalam diri sendiri, sedangkan interpersonal skill menggambarkan hubungan ke luar diri.

Walaupun intrapersonal skill dan interpersonal skill berbeda, mereka memiliki hubungan yang sangat erat, karena apa yang terlihat di luar (interpersonal) muncul dari dalam (intrapersonal).

Tanpa interpersonal skill yang baik, kegiatan kita sehari-hari akan menjadi sulit, karena hampir segala sesuatu kita lakukan adalah berkomunikasi, berhubungan antara seorang dengan orang lainnya. Komunikasi sendiri bukan hanya menyampaikan sesuatu, tetapi juga menerima / mendengarkan sesuatu, komunikasi dua arah.

Interpersonal Skill, Terpancar Dari Dalam Interpersonal Skill 1

Beberapa keterampilan yang termasuk interpersonal skill adalah:

  • Komunikasi
    • Verbal: apa yang kita katakan dan bagaimana cara mengatakannya.
    • Non-verbal: apa yang kita sampaikan dari secara tersirat, melalui gerak tubuh, intonasi, dan lainnya.
    • Mendengarkan: bagaimana kita menangkap maksud pesan yang disampaikan orang lain.
  • Empati: mengerti dan membentuk emosi orang lain, memiliki sikap yang positif.
  • Kerjasama tim: dapat bekerjasama dengan orang lain, memiliki etos kerja yang baik.
  • Negosiasi, persuasi, dan mempengaruhi: kerjasam selalu diisi dengan kesepakatan-kesepakatan, dalam hal mencapai kesepakatan dibutuhkan kemampuan untuk negosiasi dan mempengaruhi orang lain.
  • Penyelesaian konflik dan mediasi: bekerja dengan orang lain juga tidak jarang menimbulkan konflik. Konflik harus disikapi dengan positif, dan bahkan dapat memberikan dampak yang baik bagi kepentingan bersama.
  • Pencarian solusi dan pengambilan keputusan: kemampuan untuk mengidentifikasi masalah, bersama-sama mencari solusi, dan membuat keputusan. Termasuk kepemimpinan.

Interpersonal skill adalah kemampuan yang dapat dibentuk/ditingkatkan pertama-tama dengan refleksi diri, mengetahui dimana area yang perlu dibentuk, dan terus berlatih dengan menempatkan diri ditengah-tengah masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *