Mengenal Diri Lewat Tes Kepribadian dan Bahasa Kasih

Sudahkah kita mengenal diri kita sendiri? Sebenarnya saya ini siapa? Bagaimana perilaku saya? Apa yang saya suka? Apa yang mempengaruhi saya? Apa reaksi saya terhadap suatu kejadian? Apa yang membuat saya senang? Sedih? Apa yang membuat saya bersemangat? Saya mau apa? Saya ini apa?

Penting bagi manusia untuk mengenali dirinya sendiri. Kadang kita sendiri tidak tahu karakter kita, kita menjalani, melakukan, dan menghidupinya, tetapi ketika diminta menjelaskan, siapa kita? Sering kali kita bingung dan tidak memiliki gambaran yang jelas tentang diri sendiri.

Mengetahui karakter diri sendiri dapat membantu kita dalam menentukan sikap dan mengambil keputusan-keputusan. Dengan siapa kita harus bergaul, darimana kita mendapatkan energi, dimana kelemahan kita yang harus diwaspadai, dimana kekuatan kita yang harus kita maksimalkan, dan lain sebagainya.

Mengenal Diri Lewat Tes Kepribadian dan Bahasa Kasih MBTI 16 Personalities 1

Salah satu pengelompokan kepribadian yang sangat populer belakangan ini adalah MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). Dimana manusia dikelompokan menjadi 16 tipe kepribadian. Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangan, kekuatan dan kelemahannya masing-masing.

Situs yang sangat bagus untuk mencoba melakukan tes MBTI adalah 16personalities.com. Tes dapat diambil dengan gratis, bahasa yang cukup mudah dipahami, bahkan tersedia dalam Bahasa Indonesia. Penjelasan yang diberikan juga sangat lengkap dan detail.

Tes kepribadian MBTI Basaha Indonesia: https://www.16personalities.com/id/tes-kepribadian

Tes kepribadian ini benar-benar bermanfaat, membuka dan menyadarkan siapa kita sebenarnya. Apa yang selama ini hanya kita jalani sebagai kehidupan sehari-hari menjadi lebih jelas dan tergambarkan.

Mengenal Diri Lewat Tes Kepribadian dan Bahasa Kasih 5 Love Language Bahasa Kasih 2

Berikutnya adalah tentang bahasa kasih atau love language.

Bahasa kasih di sini maksudnya adalah dengan cara apa kita paling merasa dikasihi. Karena ternyata setiap orang dapat memiliki bahasa yang berbeda-beda untuk dikasihi. Ketika kita mengasihi orang bukan dengan basahannya, mungkin orang tersebut tidak begitu merasakan kasih yang kita berikan, bahkan mungkin merasa tidak dimengerti, atau malah merasa risih / bosan.

Ada 5 bahasa kasih yang umum diketahui saat ini:

  • Words of affirmation (kata-kata pujian atau kasih sayang): I love you, good morning, good night, …
  • Acts of service (tindakan kasih): membantu tugas, mengantar pulang, …
  • Receiving gifts (hadiah): memberikan bunga, memberikan makanan, …
  • Quality time (waktu bersama): ngobrol bersama, makan bersama, liburan bersama, …
  • Physical touch (sentuhan fisik): bergandengan tangan, tepukan di pundak, …

Umumnya setiap orang memiliki semua bahasa tersebut, namun tetap ada satu atau dua bahasa yang lebih kuat, dimana dengan bahasa tersebut, orang itu merasa paling dikasihi.

Untuk mengetahui bahasa kasih / love language yang kita miliki, bisa coba mengikuti tes di sini: 5lovelanguages.com

Semoga dengan lebih mengetahui pribadi kita sendiri dan pribadi orang-orang terdekat, kehidupan dan hubungan kita dapat berjalan dengan lebih baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *