Membuat Kale Chips, Dari Benih Sampai Piring

Kale chips atau keripik kale belakangan ini sedang banyak digemari. Selain karena manfaat kale yang populer sebagai superfood (makanan dengan kandungan gizi yang sangat tinggi), tentu saja karena bentuknya yang sudah jadi keripik.

Kale chips atau keripik kale lebih mudah dikonsumsi bagi orang yang tidak begitu menyukai sayuran, bahkan bagi anak-anak. Kale yang sudah diolah menjadi keripik ini juga bisa dinikmati sebagai cemilan, alternatif untuk mengurangi rasa “berdosa” kalau ngemil keripik kentang.

Membuat Kale Chips, Dari Benih Sampai Piring Manfaat Kale 1 1

Jenis kale yang digunakan untuk membuat kale chips biasanya adalah curly kale.

Kebetulan saya menanam curly kale di rumah secara hidroponik. Ketika panen kemarin hasilnya belum terlalu banyak, maka saya gunakan kale yang seadanya itu untuk membuat kale chips.

Sebelum diolah, jangan lupa dicuci dulu. Walaupun sayuran hidroponik cenderung lebih bersih dari sayuran yang ditanam di tanah, tapi tetap lebih baik tetap kita cuci bersih karena mungkin saja ada serangga, bekas air hujan, dan yang pasti, debu.

Setelah dicuci dan dikeringkan sebiasanya, lumuri seluruh bagian kale dengan minyak, saya menggunakan olive oil dengan bantuan kuas. Ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan oil spray.

Curly Kale Chips Olive Oil

Potong-potong kale dengan ukuran yang kamu suka. Batang kale akan menjadi bagian yang cukup keras, jadi kalau tidak suka tekstur yang keras, batangnya bisa dibuang saja.

Untuk menambah rasa, taburkan garam secukupnya, lalu aduk rata. Setelah itu kale siap dipanggang di oven.

Kale Chips Panggang Oven

Percobaan pertama, failed, gosong. Hahaha. Saya menggunakan oven kecil yang sumber panasnya dekat dan waktu panggangnya terlalu lama, sekitar 15 menit. Padahal ketika 10 menit berjalan sudah tercium aroma yang keluar dari oven, tapi saya tidak menyadari kalau itu adalah aroma gosong.

Oya, selain di oven, saya juga mencoba menggunakan air fryer, hasilnya cukup memuaskan. Tidak gosong dan tetap garing.

Fotonya diambil ketika sudah dimakan, jadi sisa sedikit. Hehe.

Kale chips ini masih memiliki rasa sayur namun tidak terlalu kuat, teksturnya garing kriuk-kriuk, dan ada rasa asin dari garam yang kita taburkan sebelumnya. Saya cukup suka dengan hasil kale chips ini dan akan buat lagi next time.

Btw, sepertinya potongan yang saya buat terlalu kecil, karena setelah dipanggang kale akan menciut, jadi lebih baik buat potongan lebih besar dari yang saya coba.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.