Migrasi Wordpess.com ke Hosting Sendiri (WordPress.org)

Sebelum herwinlab.com ini dibuat, saya sudah memiliki sebuah blog di wordpress.com dengan domain herwin.wordpress.com. Herwin.wordpress.com sudah saya mulai sejak 3 Desember 2007. Ga terasa, sudah 12 tahun berjalan.

3 Maret 2019 yang lalu saya membuat herwinlab.com, kenapa saya buat web ini, alasannya sudah pernah saya jelaskan di tulisan Rumah Baru.

Migrasi Wordpess.com ke Hosting Sendiri (Wordpress.org) wp com to wp org 1

Sudah beberapa minggu ini saya memikirkan, apakah herwin.wordpress.com akan saya migrasi ke sini atau tetap seperti kondisi sekarang saja.

Concern saya tulisan di herwin.wordpress.com pasti tidak akan saya update lagi kedepannya karena saya akan menulis di herwinlab.com. Dengan kondisi begini herwin.wordpress.com mati suri dan traffic nya terus menurun. Di lain sisi, kalau migrasi artinya herwin.wordpress.com harus saya shut down, jika tidak, akan terjadi duplicate content yang berbahaya bagi kedua domain ini. Saya ga tega..

Tapi, setelah berbagai pertimbangan, saya memutuskan untuk tetap menjalankan migrasi. Pertimbangannya, jika didiamkan saja maka herwin.wordpress.com toh akan mati suri juga, dan dengan di migrasi ke herwinlab.com yang performanya lebih baik semoga lagacy dari herwin.wordpress.com dapat dijangkau lebih banyak orang.

Langkah pertama, saya sudah membeli fitur redirect di wordpress.com (USD 13 / tahun), kebetulan beberapa hari yang lalu ada flash sale 20% dari WordPress. Fitur ini berfungsi untuk mengarahkan traffic yang masuk dari herwin.wordpress.com langsung ke herwinlab.com dengan mapping halaman per halaman sehingga tidak ada traffic yang hilang. Begitupun dengan SEO yang sudah terbentuk selama ini dari domain lama.

Langkah selanjutnya adalah mengexport semua content di herwin.wordpress.com untuk diimport di herwinlab.com. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama dan menegangkan. Lama karena content yang perlu diimport cukup banyak, menegangkan karena jika gagal entah karena koneksi atau faktor apapun, akan cukup repot untuk merapikan semuanya.

Migrasi Wordpess.com ke Hosting Sendiri (Wordpress.org) redirect 301 2

Dan, ada satu kendala yang masih perlu saya cari solusinya sebelum migrasi, struktur permalink (URL) herwin.wordpress.com dan herwinlab.com berbeda. Herwin.wordpress.com menggunakan struktur permalink tahun/bulan/tanggal/post-name, sementara herwinlab.com strukturnya hanya menggunakan post-name.

Dari dokumentasi/panduan redirect yang saya baca, struktur permalink web asal dan tujuan harus sama, jika tidak, engine akan berusaha mencari post terkait sesuai dengan URL di web yang lama, dan terkadang dapat memunculkan error jika post tidak ditemukan. Tentu saja hal itu harus dihindari.

Jadi sekarang saya sedang berusaha mencari cara agar permasalahan beda struktur permalink ini dapat diatasi dengan mulus. Kelihatannya modifikasi .htaccess bisa menjadi solusi yang baik. Saya harus memproses incoming URL dari herwin.wordpress.com dengan struktur tahun/bulan/tanggal/post-name menjadi hanya post-name saja.

Saya update lagi ya ketika sudah menemukan solusi yang paten. See ya!

1 thought on “Migrasi Wordpess.com ke Hosting Sendiri (WordPress.org)”

  1. Pingback: Panduan Langkah Migrasi Wordpess.com ke Hosting Sendiri (WordPress.org) – Herwin Lab

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *