Perbandingan Prosesor Intel Dari Kodenya

Pernah bingung saat membaca spesifikasi PC / laptop? Intel Core i7-2600 apakah lebih bagus dari Intel Core i5-9600K?

Selama ini kita sering melihat prosesor Intel hanya dari Core i3, i5, atau i7 nya. Ketika kita melihat kode Core i7 maka otomatis pasti lebih bagus dan lebih kencang dari Core i5, padahal belum tentu seperti itu. Kode di belakang i3, i5, dan i7 juga memiliki arti yang sangat menentukan. Bisa saja prosesor Core i7 lebih rendah performanya dari Core i5.

Kok bisa? Nah baca lebih lanjut ya..

Kode Prosesor Intel Core i
Intel

Perbedaan i3, i5, dan i7

Core i3 adalah jenis prosesor low end yang cocok untuk komputer atau laptop dengan harga murah.

Core i5 adalah jenis prosesor kelas menengah untuk pemakaian standard atau sedikit diatas standard dengan tetap mementingkan harga yang murah.

Core i7 adalah jenis prosesor dengan performa yang tinggi untuk pengguna yang membutuhkan tenaga yang besar seperti untuk video dan photo editing.

Prosesor Intel Generasi Berapa?

Mendengar Core i3, i5, dan i7 bukan sesuatu yang baru, sudah sejak bertahun-tahun lalu brand ini ada menggantikan Pentium.

Lalu apakah prosesor yang dijual sekarang masih sama dengan yang bertahun-tahun lalu?
Kok ga berkembang? Kok ga keluar Core i8, i10, atau i11? (i9 dilongkap karena beneran ada).
Emangnya ini smartphone. Hahaha

Prosesor ini berkembang, namun memang tidak seperti smartphone yang namanya mudah dimengerti.

Samsung Galaxy S8, S9, S10, dan seterusnya.
iPhone 7, 8, X, dan seterusnya.

Perkembangan prosesor ini bisa kita lihat dari angka yang persis ada setelah i3, i5, atau i7. Pada gambar diatas dijelaskan sebagai “gen indicator“. Semakin tinggi artinya semakin baru, seperti nama-nama smartphone itu.

Setiap generasi tentu membawa perubahan lebih baik dari generasi sebelumnya, entah dari sisi konsumsi daya, efisiensi, performa, dan lainnya. Perlu juga kita ingat, hukum Moore,

processing power doubles every 2 years (kekuatan prosesor berganda setiap 2 tahun)

Moore’s law

Kembali ke pertanyaan di awal tulisan saya, apakah Intel Core i7-2600 performanya lebih bagus dari Intel Core i5-9600K? Tentu saja tidak. i7-2600 sudah ketinggalan 7 generasi di banding i5-9600K.

Perbandingan Prosesor Intel Dari Kodenya image 1
cpu.userbenchmark.com

Tiga Angka di Belakang Generasi

Tiga angka di belakang generasi menunjukan seri produk tersebut. Semakin tinggi seri produk tersebut menggambarkan clock speed yang lebih tinggi. Clock speed adalah kecepatan prosesor memproses suatu pekerjaan.

Arti Huruf Di Belakang Tipe Prosesor

Kita juga sering bingung dengan huruf yang ada di belakang kode prosesor ini. Ada huruf K, ada huruf U, huruf S, dan lainnya. Dan kadang tidak ada hurufnya alias polos. Huruf-huruf ini menjelaskan tentang tujuan / target dari prosesor tersebut didesain.

Saya akan coba jelaskan beberapa huruf yang sering kita lihat:

Huruf U memiliki arti ultra-low power, prosesor ini biasanya digunakan untuk laptop dan mobile device lainnya. Prosesor dengan tipe U ini menggunakan daya yang lebih hemat dan memiliki clock speed yang lebih kecil dengan tujuan mengurangi panas.

Huruf K mewakili unlocked, adalah tipe prosesor yang memiliki clock speed paling tinggi dan memungkinkan pengguna untuk melakukan overclocked (memompa performa prosesor lebih dari yang tertulis).

Huruf G memiliki arti includes discrete graphics on package. Prosesor dengan tipe G sudah memiliki built-in graphic card yang lebih baik dari prosesor tipe lainnya.

Prosesor yang tidak memiliki huruf di belakang artinya prosesor ini tampil dengan desain yang standard.

Untuk huruf-huruf lain, selengkapnya Anda bisa baca di Intel.

Sekian. Semoga membantu 🙂

2 thoughts on “Perbandingan Prosesor Intel Dari Kodenya”

  1. hanya karena sebuah laptop dilihat dari processornya, apakah itu juga yang menjadi patokan kala membeli sebuah laptop? Kalau iya apa itu juga yang kita lihat kalau laptop juga harus dilihat dari memori dan RAM-nya.

    1. Tentu saja, selain prosesor komponen lain juga perlu diperhatikan, termasuk RAM, harddisk / SSD, VGA, dan lainnya. Semua harus disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *