Visual Studio LightSwitch #3: Interface dan Bahasa

Selamat datang! 🙂

Kali ini saya akan membahas tentang Interface dan Bahasa. Masih ingat atau masih menyimpan project yang lalu tentang Validasi dan Format Data? Sehabis kita menambahkan beberapa atribut pada table Customer (Email, Tanggal Lahir, dan Saldo) lalu kita Run, ada sedikit kejanggalan, atribut tersebut tidak muncul pada kolom kanan Customers List Detail, namun ada pada saat Add atau Edit. Apa yang terjadi? Bagaimana supaya atribut tersebut muncul juga di kolom kanan?

Visual Studio LightSwitch #3: Interface dan Bahasa kolomkanan 1

Mari kita munculkan. Kembali ke Visual Studio LightSwitch 2011. Pada Solution Explorer, Double klik Screen CustomersListDetail, akan muncul hirarki dari screen yang kita pilih. Nah, di hirarki ini kita bisa mengubah komponen dari screen kita. Silahkan Anda baca sebentar.. Bagaimana? Terbayang kan? Cukup mudah dimengerti?

Kita pilih baris Customer Details, lalu akan muncul link button Add pada child paling akhir dari Customer Detail. Klik Add, dan silahkan tambahkan semua atribut baru yang ingin Anda tampilkan. Dalam contoh ini saya tambahkan Email, TanggalLahir, dan Saldo.

Visual Studio LightSwitch #3: Interface dan Bahasa newattribute 2

Silahkan coba Anda Run, bagaimana? Mereka sudah muncul kan? 🙂

Visual Studio LightSwitch #3: Interface dan Bahasa kolomkananbaru 3

Ngomong-ngomong interface, apa tampilan di LightSwitch ini bisa kita custom? Ya, bisa, tapi tidak begitu saja, custom interface bisa dilakukan dengan menggunakan extension.

Saya menggunakan contoh sebuah extension LightSwitch Metro Theme.

Tersedia cukup banyak extension yang mungkin bergunak untuk kita, silahkan jelajahi: Link ini

Download, execute, install, restart Visual Studio LightSwitch 2011, buka kembali project yang Anda buat, klik kanan pada application LightSwitchInAction (bukan Solution) – Properties, kita tiba pada Application Designer.

Visual Studio LightSwitch #3: Interface dan Bahasa  4

Pada tab Extensions akan muncul LightSwitch Metro Theme dengan keadaan unchecked, check agar dapat kita gunakan. Lalu pindah ke tab General Properties, pada Theme chooser akan muncul theme yang baru saja Anda install, dipilih saja.. Lalu Run.

Visual Studio LightSwitch #3: Interface dan Bahasa theme 5

Tadaa.. Tampilan aplikasi Anda telah berubah!

Oya, bagaimana dengan bahasa? Apakah mungkin diubah? Saya ingin menjadi Bahasa Indonesia? Bisa kok.. 🙂

Visual Studio LightSwitch #3: Interface dan Bahasa bahasa 6

Kembali ke Application Designer tadi, pada tab General Properties, di sana ada Culture, ganti saja menjadi Indonesian. Lalu perhatikan apa yang terjadi..

Visual Studio LightSwitch #3: Interface dan Bahasa indonesian 7

Nah, pembahasan kali ini cukup sekian. Sampai ketemu di episode selanjutnya, di sana saya akan membahas tentang Relasi dan Computed Data.

Terima kasih 🙂

2 thoughts on “Visual Studio LightSwitch #3: Interface dan Bahasa”

  1. Pingback: Visual Studio LightSwitch #4: Relasi dan Computed Data « Herwin’s Blog

  2. Pingback: Visual Studio LightSwitch #2: Validasi dan Format Data « Herwin’s Blog

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *