Apa itu SSD?

Mengganti magnetic harddisk dengan SSD meningkatkan performa komputer berkali-kali lipat.

Apa itu SSD?

SSD Solid State Drive

SSD (solid state drive) adalah jenis media penyimpanan pada komputer, fungsinya sama seperti magnetic harddisk atau harddisk pada umumnya yang kita kenal sejak jaman dulu. SSD bisa dikatakan sebagai harddisk generasi baru yang memiliki berbagai keunggulan. Saya rasa tidak lama lagi SSD akan memusnahkan populasi magnetic harddisk. Seperti musnahnya floppy disk/disket digantikan oleh CD/DVD.

Bedanya SSD dan harddisk?

SSD tidak memiliki komponen bergerak.
Ketika melihat magnetic harddisk salah satu yang paling kita perhatikan selain kapasitasnya adalah kecepatan harddisk tersebut yang tergambar dari RPM nya (revolutions per minute). Magnetic harddisk memiliki komponen berupa lengan mekanik yang terus bergerak untuk menulis dan membaca data. Sedangkan SSD tersusun dari IC (integrated circuit) yang untuk melakukan penulisan atau pembacaan data dilakukan secara elektrik. Bayangkan seperti sebuah USB flashdisk dengan kapasitas yang lebih besar dan kecepatan yang lebih tinggi.

HDD vs SSD

Kelebihannya SSD?

Seperti yang sudah dijelaskan dalam perbedaan, pemrosesan (baca – tulis) data pada SSD dilakukan secara elektrik, hal ini membuat proses menjadi jauh lebih cepat dibanding proses secara mekanik.

Selain itu, SSD juga lebih awet karena tidak ada komponen bergerak. Pada magnetic harddisk, komponen yang bergerak pasti lama-lama akan terjadi keausan. Magnetic harddisk juga sangat sensitif terhadap daya magnet, sedangkan SSD tidak.

SSD lebih hemat daya, tidak menghasilkan getaran, lebih tidak panas, tidak menimbulkan bunyi/suara, ukurannya lebih kecil, lebih ringan, dan memiliki masa penggunaan lebih panjang.

Kekurangan SSD?

Harga SSD masih cukup mahal dibanding magnetic harddisk. Jika dihitung harga rata-rata per gigabyte, SDD = Rp 2.540/Gb, sedangkan magnetic harddisk = Rp 634/Gb.

Kapasitas SSD yang tersedia juga belum sebesar harddisk biasa. Sehingga untuk keperluan penyimpanan yang besar dan kecepatan bukan merupakan prioritas utama, magnetic harddisk masih merupakan pilihan yang baik.

Berikut perbangingan harga SSD dan magnetic harddisk kapasitas 1TB pada salah satu online marketplace di Indonesia.

1 thought on “Apa itu SSD?”

  1. Pingback: Komputer Lemot? Ganti Harddisk Dengan SSD - Herwin Lab

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *