Cara Membuat Kopi Tanpa Ampas

Melanjutkan cerita tentang beralihnya saya dari minum kopi instan ke kopi bubuk asli. Dengan kopi asli ini, sering kali saya kerepotan karena bubuk kopi yang mengambang, tidak mau turun, dan terminum. Akhirnya saya harus mengambil bubuk-bubuk kopi yang mengambang itu dengan sendok, itupun tidak akan benar-benar bersih.

Teman saya menyarankan untuk memakan filter agar ampas kopi tidak terminum. Dengan filter itu di gelas kita hanya ada air seduhan kopi yang siap dihabiskan. Tapi, karena saya tidak mau terlalu repot harus mencuci lagi, mempunyai alat ini itu untuk per-kopi-an, saya memutuskan untuk tetap menggunakan cara biasa, cara termudah dan ter-awam, diseduh langsung seperti biasa, alias kopi tubruk.

Kopi yang saya buat pada dasarnya hanya butuh gelas, kopi, air panas, dan sendok. Kopi ditaruh dalam gelas, masukkan air panas, aduk, selesai 😀

Nah, seperti yang saya bilang di awal, masalahnya adalah sering kali bubuk kopi masih ada yang mengambang, dan kalau kita paksakan, terminumlah bubuk-bubuk itu. Kadang mereka akan menyelip di gigi, kadang nyangkut di tenggorokan, pokoknya bubuk-bubuk itu tidak seharusnya terminum, mereka harus mengendap di bawah supaya kita bisa menikmati air seduhannya saja 😛

Dan, kabar baiknya, saya sudah bisa membuat bubuk kopi itu mengendap, dan saya bebas menikmati seduhan kopi tanpa meminum bubuknya. Caranya?

Cara Menyeduh Kopi Hingga Ampasnya Mengendap

Oke, jadi begini cara membuat kopi tanpa ampas..

Pertama, ini menurut saya faktor yang paling menentukan, yaitu bubuk kopinya sendiri. Saya pernah mencoba beberapa jenis bubuk kopi, ada yang sangat parah, menyisakan sangat banyak partikel-partikel yang mengambang. Ada yang lumayan, hanya sedikit yang mengambang. Dan ada yang benar-benar bagus dan bersih. Jadi, kita harus memilih kopi yang memang bagus. Saya merekomendasikan, dan masih menggunakan kopi dari Kawaki Santa.

Kedua, ini trik yang cukup spesial untuk mendapatkan kopi yang tidak cepat dingin. Tentu saja temperatur yang baik juga berpengaruh, temperatur yang kurang panas akan menyebabkan kopi mengambang. Triknya adalah dengan memanaskan gelas terlebih dahulu, caranya dengan mengisi gelas dengan sedikit air panas lalu digoyang / diaduk agar panas menyebar ke seluruh gelas, kira-kira 30 detik, lalu buang air tersebut. Cara ini sekaligus dapat membersihkan gelas.

Membuat Kopi Tanpa Ampas - Panaskan Gelas - Herwin

Memanaskan gelas perlu dilakukan karena pada umumnya temperatur gelas lebih dingin daripada air yang akan kita gunakan untuk menyeduh kopi. Jika gelas tidak kita panaskan terlebih dahulu, panas dari air seduhan akan cepat berkurang karena terpengaruh dengan dinginnya temperatur gelas.

Ketiga, segera tuangkan bubuk kopi sesuai selera Anda, lalu masukkan air panas. Lebih cepat lebih baik, agar temperatur gelas yang sudah kita panaskan masih terjaga. Biasanya saya menggunakan air panas dari dispenser saja. Karena air yang terlalu panas bisa merusak rasa kopi kita (jadi lebih pahit / gosong).

Keempat, aduk campuran kopi dan air panas kurang lebih 15-20 detik, lalu diamkan. Jangan lupa mengangkat sendok atau alat apapun yang digunakan untuk mengaduk. Karena alat tersebut juga akan mengambil panas dari air seduhan kita sehingga panasnya lebih cepat berkurang.

Tunggu kurang lebih 1 menit, lihat apakah seluruh ampas sudah turun, jika masih ada ampas yang mengambang, biasanya menempel pada sisi-sisi gelas, aduk kembali seperti langkah keempat. Lagi-lagi, jangan lupa sendoknya diangkat setelah selesai mengaduk.

Tunggu 30 – 60 detik hingga bubuk kopi mengendap seluruhnya. Sekarang kopi sudah bersih tanpa ampas dan siap dinikmati.

Ngopi yuk 🙂

1 thought on “Cara Membuat Kopi Tanpa Ampas”

  1. Pingback: Selamat Tinggal Kopi Instan, Selamat Datang Kopi Bubuk - Herwin Lab

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *