Cara Menghubungkan 2 Router Dengan Kabel LAN (TP-LINK)

Sebelumnya saya sudah membagikan bagaimana cara menghubungan 2 router TP-LINK tanpa kabel alias wireless dengan metode WDS bridge, sekarang saya akan menjelaskan cara menghubungan 2 router dengan kabel LAN.

Menghubungkan 2 Router Kabel LAN - HerwinLab

Menghubungkan 2 router dengan kabel LAN memiliki keunggulan yaitu koneksi yang lebih stabil dan cepat. Namun harus ada effort tambahan untuk memasang kabel LAN dari router utama ke router kedua, terlebih jika jaraknya cukup jauh. Dan akan membuat pemandangan menjadi kurang elok sebab kabel-kabel yang berseliweran.

Saat menggunakan metode WDS (wireless distribution system) / tanpa kabel, ketika terhubungan ke router kedua, saya sering mengalami koneksi yang putus-putus dan kecepatan internet yang turun jauh dari semestinya. Jika terhubung ke router utama saya bisa mendapatkan speed download hingga 100Mb/s, ketika terhubung ke router kedua speed download saya hanya sekitar 20-30Mb/s.

Ada kemungkinan hasil test ini akan berbeda-beda sesuai dengan kondisi lingkungan dimana router dipasang. Pada kasus saya, kedua router berada di lantai yang berbeda, dan router kedua ini diletakan di tempat yang berdekatan dengan beberapa barang elektronik yang mungkin turut mengganggu transmisi sinyal.

Cara Menghubungkan 2 Router dengan Kabel LAN

Pastikan router utama dan router kedua sudah terhubung dengan kabel UTP melalui port LAN (bukan WAN).

Setting router utama

  1. Masuk ke admin panel / management page router
  2. Perhatikan Start IP Address dan End IP Address (DHCP IP Range) pada menu Network – DHCP Server.
  3. Perhatikan LAN IP Address pada menu Network – LAN.

Setting router kedua

  1. Masuk ke admin panel / management page router
  2. Pada menu Wireless -> Wireless Settings, setting SSID untuk WiFi dari router kedua, set password pada menu Wireless Security.
  3. Pada menu Network – DHCP Server page, pilih disable DHCP Server, lalu Save.
  4. Pada menu Network->LAN, ubah LAN IP Address agar berbeda dengan router utama, dan di luar dari DHCP IP Range router utama. Jika LAN IP Address router utama 192.168.0.1 dan DHCP IP Range nya 192.168.0.100 – 192.168.0.254. Maka set LAN IP Address router kedua menjadi 192.168.0.2, lalu Save.
  5. System Tools-> Reboot, pilih Reboot
LAN IP Address Router TP-LINK

Note, jika internet tidak terhubung, silahkan coba reboot router utama dan modem.

Penjelasan mengenai cara menghubungkan 2 router dengan kabel dapat dilihat di web TP-LINK pada How to configure TP-Link Router in Access Point mode?(case1)

Semoga bermanfaat.

13 thoughts on “Cara Menghubungkan 2 Router Dengan Kabel LAN (TP-LINK)”

  1. Cara setting 2 router yg satu sebagai antena penerima wifi (di sini sebagai pengganti antena) dan yg satu sebagai wireles router gmn ya?

  2. Halo.. klo mau setting 2 router gmn ya?

    jadi dr sumber (indihome) ke router 1 via wireless.. lalu dilanjut router 1 ke router 2 via kabel LAN.. gmn ya akk cara setting nya? blh di info ke email jg ya.. tks

    1. Halo Anton,

      Asumsi saya modem Indihome akan menjadi DHCP servernya ya.

      Untuk setting dari Indihome ke Router 1 coba ikuti tutorial yang ini ya: https://www.herwinlab.com/cara-menghubungkan-2-router-tanpa-kabel-wds-bridge-tp-link/

      Lalu untuk setting dari Router 1 ke Router 2 bisa ikuti panduan di halaman sekarang (https://www.herwinlab.com/cara-menghubungkan-2-router-dengan-kabel-lan-tp-link/), hanya bagian “Setting router kedua” saja. Bagian “Setting router utama” bisa diabaikan saja, biarkan status DHCP server di Router 1 tetap disabled.

      Semoga membantu

      1. Halo pak herwin, kasus nya mirip dg saya, rumah pertama : modem firsmedia dan router 1 (dlink) ingin direlay ke rumah ke 2 mode wireless ke router 2 (tp link) karena jarak rumah gandeng, kemudian dari rumah 2 ke rumah 3 pakai kabel Lan dari router 2 ke router 3 (totolink) karena jaraknya sekitar 25 m, itu bagaimana cara settingnya Pak? Terimakasih

  3. Pingback: Cara Menghubungkan 2 Router Tanpa Kabel (WDS Bridge - TP-LINK) | Herwin Lab

  4. Muhammad Imron Rosyidi

    Haloo Mas Herwin, mau tanya,

    1. Jika saya mau koneksikan router melalui kabel LAN dari modem utama dengan mode wireless router di TP-Link, apa bisa menjadi 1 jaringan dengan modem utama (SSID dan password sama antara router dan modem utama)?

    2. Jika tidak bisa, apabila saya setting menjadi mode wifi extender, apakah bisa koneksi antara modem utama dan routernya menggunakan kabel LAN? karena jika hubungkan modemnya melalui kabel LAN, jaringan pastinya akan lebih stabil, ya kan?

    Terima kasih. Mohon bantuan jawabannya.

    1. Halo Mas Muhammad Imron,
      1. Bisa saja, pastikan DHCP servernya hanya di modem utama.
      2. Bisa juga dengan kabel. Betul, dengan kabel cenderung akan lebih stabil.

      Semoga membantu

  5. Halo mas Erwin, saya mau tanya.
    Saya mau memperpanjang jaringan dari modem saya ke dua rumah. Dari modem saya hubungkan ke router DLink N300 menggunakan kabel LAN 10 cat5e meter, terus dari router Dlink saya hubungkan ke router TPlink WR840N menggunakan kabel LAN cat5e outdoor 100 meter. Ketika saya test, yang router Dlink bisa terkoneksi internet baik menggunakan LAN atau wireless. Yang router TP link tidak bisa terkoneksi internet baik LAN maupun wireless. Ketika saya menggunakan kabel 100 meter dari router Dlink ke laptop, laptop dapat terhubung ke internet. Apakah ada yang harus di setting terlebih dahulu? Mohon bantuannya suhu

    N.B.
    Sepanjang kabel 100 meter cuma tanah kosong aja, tidak ada rumah

    1. Halo Mas Zikri,
      Boleh dicek konfigurasi (susunan warna) kabel di RJ45 nya. Apakah dibuat dengan metode straight-through atau crossover?

      Konfigurasi straight-through biasanya digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda fungsi, misalnya router ke laptop.
      Sedangkan konfigurasi crossover digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sejenis, misalnya router ke router.

      Nah, kalau dari kasus tersebut, dimana koneksi router ke router tidak bekerja, sedangkan router ke laptop bekerja dengan baik, kemungkinan kabel ini menggunakan konfigurasi straight-through. Mas Zikri bisa coba ganti RJ45 nya, dibuat jadi konfigurasi crossover.

      Semoga berhasil.

  6. Hallo mas.
    Saya mau pararel kan WiFi rumah ke rumah temen saya yg +/- 50 m jarak nya dari rumah saya.Berarti harus di setting dahulu router dua untuk bisa di pararel kan dengan router utama??!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *