Cara Menghubungkan 2 Router Dengan Kabel LAN (TP-LINK)

Sebelumnya saya sudah membagikan bagaimana cara menghubungan 2 router TP-LINK tanpa kabel alias wireless dengan metode WDS bridge, sekarang saya akan menjelaskan cara menghubungan 2 router dengan kabel LAN.

Menghubungkan 2 Router Kabel LAN - HerwinLab

Menghubungkan 2 router dengan kabel LAN memiliki keunggulan yaitu koneksi yang lebih stabil dan cepat. Namun harus ada effort tambahan untuk memasang kabel LAN dari router utama ke router kedua, terlebih jika jaraknya cukup jauh. Dan akan membuat pemandangan menjadi kurang elok sebab kabel-kabel yang berseliweran.

Saat menggunakan metode WDS (wireless distribution system) / tanpa kabel, ketika terhubungan ke router kedua, saya sering mengalami koneksi yang putus-putus dan kecepatan internet yang turun jauh dari semestinya. Jika terhubung ke router utama saya bisa mendapatkan speed download hingga 100Mb/s, ketika terhubung ke router kedua speed download saya hanya sekitar 20-30Mb/s.

Ada kemungkinan hasil test ini akan berbeda-beda sesuai dengan kondisi lingkungan dimana router dipasang. Pada kasus saya, kedua router berada di lantai yang berbeda, dan router kedua ini diletakan di tempat yang berdekatan dengan beberapa barang elektronik yang mungkin turut mengganggu transmisi sinyal.

Cara Menghubungkan 2 Router dengan Kabel LAN

Pastikan router utama dan router kedua sudah terhubung dengan kabel UTP melalui port LAN (bukan WAN).

Setting router utama

  1. Masuk ke admin panel / management page router
  2. Perhatikan Start IP Address dan End IP Address (DHCP IP Range) pada menu Network – DHCP Server.
  3. Perhatikan LAN IP Address pada menu Network – LAN.

Setting router kedua

  1. Masuk ke admin panel / management page router
  2. Pada menu Wireless -> Wireless Settings, setting SSID untuk WiFi dari router kedua, set password pada menu Wireless Security.
  3. Pada menu Network – DHCP Server page, pilih disable DHCP Server, lalu Save.
  4. Pada menu Network->LAN, ubah LAN IP Address agar berbeda dengan router utama, dan di luar dari DHCP IP Range router utama. Jika LAN IP Address router utama 192.168.0.1 dan DHCP IP Range nya 192.168.0.100 – 192.168.0.254. Maka set LAN IP Address router kedua menjadi 192.168.0.2, lalu Save.
  5. System Tools-> Reboot, pilih Reboot
LAN IP Address Router TP-LINK

Note, jika internet tidak terhubung, silahkan coba reboot router utama dan modem.

Penjelasan mengenai cara menghubungkan 2 router dengan kabel dapat dilihat di web TP-LINK pada How to configure TP-Link Router in Access Point mode?(case1)

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *