Cara Menghubungkan 2 Router Dengan Kabel LAN (TP-LINK)

Sebelumnya saya sudah membagikan bagaimana cara menghubungan 2 router TP-LINK tanpa kabel alias wireless dengan metode WDS bridge, sekarang saya akan menjelaskan cara menghubungan 2 router dengan kabel LAN.

Menghubungkan 2 Router Kabel LAN - HerwinLab

Menghubungkan 2 router dengan kabel LAN memiliki keunggulan yaitu koneksi yang lebih stabil dan cepat. Namun harus ada effort tambahan untuk memasang kabel LAN dari router utama ke router kedua, terlebih jika jaraknya cukup jauh. Dan akan membuat pemandangan menjadi kurang elok sebab kabel-kabel yang berseliweran.

Saat menggunakan metode WDS (wireless distribution system) / tanpa kabel, ketika terhubungan ke router kedua, saya sering mengalami koneksi yang putus-putus dan kecepatan internet yang turun jauh dari semestinya. Jika terhubung ke router utama saya bisa mendapatkan speed download hingga 100Mb/s, ketika terhubung ke router kedua speed download saya hanya sekitar 20-30Mb/s.

Ada kemungkinan hasil test ini akan berbeda-beda sesuai dengan kondisi lingkungan dimana router dipasang. Pada kasus saya, kedua router berada di lantai yang berbeda, dan router kedua ini diletakan di tempat yang berdekatan dengan beberapa barang elektronik yang mungkin turut mengganggu transmisi sinyal.

Cara Menghubungkan 2 Router dengan Kabel LAN

Pastikan router utama dan router kedua sudah terhubung dengan kabel UTP melalui port LAN (bukan WAN).

Setting router utama

  1. Masuk ke admin panel / management page router
  2. Perhatikan Start IP Address dan End IP Address (DHCP IP Range) pada menu Network – DHCP Server.
  3. Perhatikan LAN IP Address pada menu Network – LAN.

Setting router kedua

  1. Masuk ke admin panel / management page router
  2. Pada menu Wireless -> Wireless Settings, setting SSID untuk WiFi dari router kedua, set password pada menu Wireless Security.
  3. Pada menu Network – DHCP Server page, pilih disable DHCP Server, lalu Save.
  4. Pada menu Network->LAN, ubah LAN IP Address agar berbeda dengan router utama, dan di luar dari DHCP IP Range router utama. Jika LAN IP Address router utama 192.168.0.1 dan DHCP IP Range nya 192.168.0.100 – 192.168.0.254. Maka set LAN IP Address router kedua menjadi 192.168.0.2, lalu Save.
  5. System Tools-> Reboot, pilih Reboot
LAN IP Address Router TP-LINK

Note, jika internet tidak terhubung, silahkan coba reboot router utama dan modem.

Penjelasan mengenai cara menghubungkan 2 router dengan kabel dapat dilihat di web TP-LINK pada How to configure TP-Link Router in Access Point mode?(case1)

Semoga bermanfaat.

37 thoughts on “Cara Menghubungkan 2 Router Dengan Kabel LAN (TP-LINK)”

  1. Cara setting 2 router yg satu sebagai antena penerima wifi (di sini sebagai pengganti antena) dan yg satu sebagai wireles router gmn ya?

  2. Halo.. klo mau setting 2 router gmn ya?

    jadi dr sumber (indihome) ke router 1 via wireless.. lalu dilanjut router 1 ke router 2 via kabel LAN.. gmn ya akk cara setting nya? blh di info ke email jg ya.. tks

    1. Halo Anton,

      Asumsi saya modem Indihome akan menjadi DHCP servernya ya.

      Untuk setting dari Indihome ke Router 1 coba ikuti tutorial yang ini ya: https://www.herwinlab.com/cara-menghubungkan-2-router-tanpa-kabel-wds-bridge-tp-link/

      Lalu untuk setting dari Router 1 ke Router 2 bisa ikuti panduan di halaman sekarang (https://www.herwinlab.com/cara-menghubungkan-2-router-dengan-kabel-lan-tp-link/), hanya bagian “Setting router kedua” saja. Bagian “Setting router utama” bisa diabaikan saja, biarkan status DHCP server di Router 1 tetap disabled.

      Semoga membantu

      1. Halo pak herwin, kasus nya mirip dg saya, rumah pertama : modem firsmedia dan router 1 (dlink) ingin direlay ke rumah ke 2 mode wireless ke router 2 (tp link) karena jarak rumah gandeng, kemudian dari rumah 2 ke rumah 3 pakai kabel Lan dari router 2 ke router 3 (totolink) karena jaraknya sekitar 25 m, itu bagaimana cara settingnya Pak? Terimakasih

  3. Pingback: Cara Menghubungkan 2 Router Tanpa Kabel (WDS Bridge - TP-LINK) | Herwin Lab

  4. Muhammad Imron Rosyidi

    Haloo Mas Herwin, mau tanya,

    1. Jika saya mau koneksikan router melalui kabel LAN dari modem utama dengan mode wireless router di TP-Link, apa bisa menjadi 1 jaringan dengan modem utama (SSID dan password sama antara router dan modem utama)?

    2. Jika tidak bisa, apabila saya setting menjadi mode wifi extender, apakah bisa koneksi antara modem utama dan routernya menggunakan kabel LAN? karena jika hubungkan modemnya melalui kabel LAN, jaringan pastinya akan lebih stabil, ya kan?

    Terima kasih. Mohon bantuan jawabannya.

    1. Halo Mas Muhammad Imron,
      1. Bisa saja, pastikan DHCP servernya hanya di modem utama.
      2. Bisa juga dengan kabel. Betul, dengan kabel cenderung akan lebih stabil.

      Semoga membantu

  5. Halo mas Erwin, saya mau tanya.
    Saya mau memperpanjang jaringan dari modem saya ke dua rumah. Dari modem saya hubungkan ke router DLink N300 menggunakan kabel LAN 10 cat5e meter, terus dari router Dlink saya hubungkan ke router TPlink WR840N menggunakan kabel LAN cat5e outdoor 100 meter. Ketika saya test, yang router Dlink bisa terkoneksi internet baik menggunakan LAN atau wireless. Yang router TP link tidak bisa terkoneksi internet baik LAN maupun wireless. Ketika saya menggunakan kabel 100 meter dari router Dlink ke laptop, laptop dapat terhubung ke internet. Apakah ada yang harus di setting terlebih dahulu? Mohon bantuannya suhu

    N.B.
    Sepanjang kabel 100 meter cuma tanah kosong aja, tidak ada rumah

    1. Halo Mas Zikri,
      Boleh dicek konfigurasi (susunan warna) kabel di RJ45 nya. Apakah dibuat dengan metode straight-through atau crossover?

      Konfigurasi straight-through biasanya digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda fungsi, misalnya router ke laptop.
      Sedangkan konfigurasi crossover digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sejenis, misalnya router ke router.

      Nah, kalau dari kasus tersebut, dimana koneksi router ke router tidak bekerja, sedangkan router ke laptop bekerja dengan baik, kemungkinan kabel ini menggunakan konfigurasi straight-through. Mas Zikri bisa coba ganti RJ45 nya, dibuat jadi konfigurasi crossover.

      Semoga berhasil.

  6. Hallo mas.
    Saya mau pararel kan WiFi rumah ke rumah temen saya yg +/- 50 m jarak nya dari rumah saya.Berarti harus di setting dahulu router dua untuk bisa di pararel kan dengan router utama??!

  7. Hallo mas Herwin,
    Saya mempunyai jaringan dengan 2 router, router utama dari indihome. Saya extend ke router kedua dengan menggunakan kabel lan karena signal wifinya terhalang (lemah).
    Awal tidak ada kendala, namun saat saya tarik kabel lan ke pc dan laptop dari router kedua kenapa yang terbaca di laptop konek ke router utama? Fyi, Saya tarik 2 kabel lan (satu untuk pc, satu lg untuk laptop). Lan ke pc normal terhubung ke router kedua, lan ke laptop terhubung ke router utama padahal koneknya ke router kedua. Apa mungkin bisa seperti itu? Atau ad konfigurasi di laptop yg salah atau port lan bermasalah? Jika menggunakan wifi laptop normal konek router kedua. Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    1. Halo Mas Joko,
      Agak aneh ya dalam 1 router yang sama, satu port tehubung ke router kedua, satu lagi terhubung ke router pertama.
      Kalau port nya ditukar apa masih sama atau jadi PC nya yang terhubung ke router pertama? Di router kedua apa DHCP Server nya dihidupkan?

  8. M Naufal Sudharmawan

    Halo, mas Herwin. Saya lumayan awam masalah konfigurasi router, saya mohon minta bantuannya ya mas. Jadi saya mempunyai tiga router di rumah, yaitu router utama di lantai 1, dan disambung ke router 2 dan 3 di lantai dua. Tiga router itu udah disetting sama pihak ISP saya sejak dulu. Nah saya ingin tiga router itu ada di dalam satu jaringan. Jadi misalnya dalam satu jaringan itu biar saya bisa print via wifi dari komputer saya yang konek router 3, ke printer yang konek router 1. Karna saya rasa yang ada dalam satu jaringan itu hanya router 2 dan 3 aja, karena saya bisa share file via wifi antara router 2 dan 3, sementara ke router 1 tidak bisa. Itu bagaimana ya? Maaf kalau bahasanya terbelit2. Terima kasih sebelumnya, mohon bantuannya ya mas.

    1. Halo Mas Naufal,
      Untuk jadi satu jaringan yang penting DHCP servernya hanya satu, jadi router lain hanya berperan sebagai repeater/extender. Mas Naufal bisa setting DHCP server di router utama, lalu disable DHCP server di router kedua dan ketiga. Jika menggunakan kabel LAN, perhatikan agar kabel di router kedua dan ketiga masuk di port LAN, bukan port WAN.
      Semoga berhasil ya.

  9. Halo Mas Herwin,

    Mas mau tanya untuk jenis kabel lan untuk menghubungkan router ke router seperti case ini menggunakan model straight atau cross ya ? atau bisa keduanya… mohon pencerahannya mas

    1. Halo Mas Rega,
      Konfigurasi straight-through biasanya digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda fungsi, misalnya router ke laptop.
      Sedangkan konfigurasi crossover digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sejenis, misalnya router ke router.

      Semoga membantu.

  10. Halo pak ilmu sgt membantu tp sy ada pertanyaan
    Jd setelah semua sy lakukan yg routernya sy yg kedua apakah terakhirnya di ubah ke accest point?

    Atau dgn yg saya lukakan sesuai diatas it sudah ap tanpa sy hrs konfirm ap ke router kedua sy?

  11. pak herwin
    Kmrn dgn settingan diatas inet sy pakai normal lalu ketika hr ini byk yg pakai krn dikantor penggunaanya nah in keluan msh sering putus2 internetnya..
    Pdhl dhcp uda off yg router kedua..

    Hmm apa kabel dirouter kedua yg hrsnya lan diganti ke wan?

    Atau apakah inet yg dilantai 1/ router 1 atau pusat nya ga boleh dipakai?

    1. Halo David,
      Sinyal tetap kuat dan bukan putus dari provider ya?
      Kalau putus-putus bergantian kemungkinan ada tabrakan IP. Jadi ada beberapa device yang mendapat IP yang sama. Bisa coba reboot router utama (yang menjalankan DHCP) agar list IP nya ter-reset. Pastikan juga user-user tidak menggunakan IP static, karena ini juga bisa menyebabkan tabrakan.

      Hmm apa kabel dirouter kedua yg hrsnya lan diganti ke wan?
      – Kabel seharusnya tidak menjadi masalah.

      Atau apakah inet yg dilantai 1/ router 1 atau pusat nya ga boleh dipakai?
      – Kedua router tetap bisa dipakai bersamaan.

      Semoga membantu.

  12. Modem pusat atau central ip nya 192.168.1.1
    Dhcp ip start 192.168.1.100
    End 192.168.1.249

    nah yg router kedua ini ip nya sy buat 192.168.1.2

    Apakah uda betul?

  13. Sama maaf tnya lg kalau sy ada router ketiga mau jd seperti router kedua apakah caranya sm spryi router 1 -2?

    Soalnya in kan untuk kantor sktr 30 device connected

    Agar tdk lemot apa dgn menambah router pengaruh ya? Untuk inet sy ikut yg smpe 150 mbps paketnya

  14. Pak sama mau tanya kalau dhcp primary dan sexondary sy isi 8.8.8.8 atau 8.8.4.4 atau tdk perlu diisi ?atau diisi sesuai ip adres?

    1. Halo David,
      Mungkin maksudnya DNS ya? DNS ini tidak wajib diisi, bisa dicoba-coba saja, jika menggunakan DNS Google ini koneksinya menjadi lambat, bisa coba dengan DNS lain, atau tidak usah diset sama sekali.
      Semoga membantu.

    1. Halo Pak Hasyim,
      Yang terbaik pendek saja sesuai kebutuhan pak, boleh tambahkan spare beberapa meter untuk jaga-jaga jika mau geser posisi. Secara teori semakin panjang hambatannya juga semakin besar, namun biasanya bisa diabaikan saja, kecuali panjang kabelnya sampai ratusan meter atau lebih.
      Semoga membantu.

  15. Halo mas herwin,
    Router pertama tp link wr82an mau tambah router kedua pake ZTE f609 bisa engk ?dengan jarak 120 meter kurang lebih, menggunakan kabel rj45.

  16. Halo mas..
    Saya pakai Indihome dan saya ada router ke 2 untuk anak² (ZTE F609).
    Bagaimana cara setting waktu agar saya bisa hidup/matikan router ke 2 sesuai jadwal?
    Karena ketika saya aktifkan time dengan time1.google tidak bisa.
    Mohon bantuannya..
    Terima kasih

  17. Mau tanya mas. Kalo misalnya dari router 1 ke switch 1, di switch 1 itu nyambung ke 2 pc kemudian di ambil lagi dari switch 1 untuk ke router 2 di ruangan lain, kemudia sambung ke switch dan pc” disana.
    Kalo begitu apakah bisa mas? Kalo bisa untuk setingnya apakah sama seperti di atas?
    Mohon bantuannya karena saya masih awam dalam hal ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *