Cara Nonton Badminton Live di Badminton World TV

Menonton pertandingan badminton live atau siaran langsung badminton di saluran TV Indonesia bukan perkara yang mudah.

Kendala Menonton Badminton Live di Indonesia

  • Turnamen tertentu tidak disiarkan dari awal, hanya mulai perempat final hingga final saja.
  • Tidak seluruh turnamen disiarkan, entah karena tidak ada hak siar atau sebab lainnya.
  • Hanya disiarkan sebagian di jam-jam tertentu, padahal pertandingan berjalan sepanjang hari, sehingga sering kali pertandingan yang ingin kita tonton justru tidak tayang. Hal ini dapat dipahami karena TV yang menyiarkan juga memiliki acara lain, dan tidak semua penontonnya ingin melihat pertandingan badminton saja.
  • Siaran hanya fokus pada main court atau lapangan 1, sementara di babak-babak awal biasanya pertandingan berlangsung di beberapa court, misalnya 3 court (3 lapangan secara paralel). Sehingga pertandingan yang disiarkan justru kadang bukan yang ingin kita tonton.

Cara Nonton Badminton Live di Indonesia

Badminton World TV atau BWF TV adalah channel Youtube resmi dari Badminton World Federation (BWF). Channel ini menyiarkan hampir seluruh turnamen-turnamen besar seperti BWF World Tour and the BWF World Championships secara live / siaran langsung.

Sayangnya, mungkin karena hak siar, tayangan live ini tidak dapat ditonton dari Indonesia.

Badminton World TV BWF TV Live Indonesia

Jangan sedih.. Kita bisa pakai VPN (Virtual Private Network) agar dapat mengakses pertandingan tersebut.

Badminton World TV BWF TV Live Indonesia VPN

Memakai VPN untuk menonton siaran badminton live dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bisa menggunakan aplikasi VPN khusus sehingga seluruh koneksi perangkat kita terhubung ke VPN, bisa menggunakan extension VPN dari browser, atau menggunakan fitur standard dari browser itu sendiri yang sudah menyediakan VPN.

Sudah banyak yang menyediakan VPN free / gratis, namun karena gratis, kualitasnya tidak bisa terlalu diharapkan. Kadang buffering, kadang koneksinya lemah sehingga kualitas gambar streaming menjadi turun (pecah-pecah).

Saya sendiri menggunakan browser yang sudah menyediakan VPN sebagai fitur standardnya, yaitu Opera. Kita tinggal menyalakan fitur VPN, dan sudah dapat mengakses siara live di Badminton World TV. Namun, memang kualitas gambarnya kurang bagus, sekedar cukup saja.

Opera VPN Badminton Live BWF

Nah, seperti yang saya bilang sebelumnya. Mentonton pertandingan badminton live dari BWF TV ini enaknya seluruh court disiarkan, sehingga kita bisa memilih court mana yang ingin kita tonton, dan disiarkan full dari awal turnamen hingga babak terakhir.

Selamat menonton!

Leave a Comment

Your email address will not be published.