Kacamata Anti Radiasi, Solusi Bahaya Blue Light

Belakangan mata saya sering kali lelah bahkan kadang berbayang dan sulit fokus. Saya mencoba mencari tahu penyebabnya, dan saya baru tersadar akan banyaknya waktu yang saya habiskan sehari-hari untuk menatap layar, terutama komputer dan handphone.

Saya mulai khawatir dan mempelajari apa yang sebenarnya terjadi, dan yang paling saya curigai adalah efek blue light / sinar biru. Sejak kecil saya sudah sering berurusan dengan komputer, namun tidak dapat dipungkiri sejalur dengan perkembangan teknologi, semakin banyak waktu yang saya habiskan untuk menatap layar.

Jika dahulu saat sekolah atau kuliah hampir setengah hari dihabiskan menatap buku, papan tulis, dan beraktifitas lain. Maka sekarang setengah hari itu dihabiskan dengan menatap komputer untuk bekerja, lalu refreshing dengan menatap layar yang lain, yaitu layar handphone. Ketika pulang pun tidak jauh dari layar: handphone, komputer, TV.

Kacamata Anti Radiasi, Solusi Bahaya Blue Light Blue Light 1

Saya mencoba mencari solusi untuk permasalahan ini. Saya teringat saat kecil dulu monitor komputer saya menggunakan filter anti radiasi, seperti lapisan kaca tambahan di depan layar monitor. Mungkin itu yang menolong mata saya masih normal. Saya mencoba mencari alat sejenis, namun sulit menemukannya sekarang.

Solusi Menjaga Mata dari Blue Light

Akhirnya saya menemukan filter anti radiasi dalam bentuk lain, yaitu kacamata. Dipikir-pikir ada bagusnya juga dalam bentuk kacamata, jadi tidak perlu membeli satu layar satu filter. Namun kendalanya adalah saya tidak terbiasa menggunakan kacamata, serasa ada yang aneh, frame-frame nya menggangu pandangan saya, dan kadang lensanya kotor.

Saya mencoba mencari kacamata anti radiasi (blue light filter) yang terjangkau dan terpercaya. Saya melihat kacamata anti radiasi di online markeplace dengan harga yang sangat murah, tapi saya ragu akan keasliannya. Soalnya ini urusan mata, aset berharga, jadi jangan sampai beli yang terlalu murah tapi ujungnya menyesal.

Kacamata Anti Radiasi, Solusi Bahaya Blue Light Kacamata Anti Radiasi Optik Seis 7 2

Saya memutuskan untuk mencari di toko optik, harusnya mereka tidak menjual produk abal-abal dan lebih terpercaya. Setelah membandingkan beberapa produk, pilihan saya jatuh pada produk kacamata komputer dari Optik Seis. Waktu saya beli harganya sedang diskon 30%, jadi sangat menarik. Untuk pilihan lainnya kalian bisa coba lihat di sini.

Saya sempat datang ke Optik Seis di Emporium Mall untuk mencari produk yang sudah saya lihat di website mereka, sekaligus untuk dicoba model mana yang cocok. Ternyata diskon hanya berlaku online, kalau beli di toko harganya normal. Jadi saya pulang lagi dan beli online. Pelayanannya bagus, free ongkir, dan dikirim dengan metode kilat sehari sampai.

Kacamata ini memberikan efek sedikit menguning pada pandangan kita, mirip seperti ketika mengaktifkan fitur blue light filter atau eye comfort pada handphone.

Selanjutnya, setelah aktif menggunakan kacamata ini saat berurusan dengan layar komputer maupun layar handphone, saya juga menggunakan aplikasi f.lux pada komputer saya di kantor maupun di rumah.

f.lux adalah aplikasi yang dapat mengatur warna display layar monitor kita menyesuaikan dengan waktu, warm (kekuningan) saat malam, dan seperti cahaya matahari saat siang. Pengaturan warna ini membantu mengatur intensitas paparan sinar biru ke mata kita sehingga kerja tubuh kita tidak terganggu.

Kita dapat memilih zona lokasi kita sehingga f.lux akan menyesuaikan warna display dengan waktu matahari terbit dan tenggelam. Kita juga dapat memilih mode warna yang kita inginkan, saya menggunakan mode “Reduce Eyestrain”.

Kacamata Anti Radiasi, Solusi Bahaya Blue Light image 8

Dan, jangan lupa mengaktifkan fitur blue light filter juga di handphone, perbanyak konsumsi antioksidan, dan menjaga asupan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Semoga dengan cara-cara yang saya lakukan dan bagikan ini dapat bermanfaat.

1 thought on “Kacamata Anti Radiasi, Solusi Bahaya Blue Light”

  1. Pingback: Blue Light / Sinar Biru Itu Apa? Berbahaya? – Herwin Lab

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *