Perbandingan Portable SSD SanDisk Extreme

Portable SSD saat ini sudah merupakan sebuah kebutuhan yang lumrah. Jika pada beberapa tahun yang lalu kita semua memiliki flashdisk untuk meyimpan data-data secara portable, untuk masa sekarang dan kedepannya portable SSD yang akan mengambil peran tersebut.

Portable SSD memiliki keunggulan dari flashdisk dan harddisk external dalam hal kapasitas dan kecepatannya. Kapasitas portable SSD dapat mencapai 2TB dan pasti akan terus berkembang menjadi lebih besar kedepannya, dan dapat memiliki kecepatan baca/tulis sampai beberapa Gbps alias ribuan Mbps. Ukurannya pun tetap kecil, hanya seukuran KTP, tidak seperti harddisk external yang cukup besar.

Portable SSD SanDisk Extreme V2

Keunggulan ini sangat cocok dengan kebutuhan kita di masa kini yang serba cepat, ringkas, dan memerlukan banyak space penyimpanan karena ukuran file-file yang semakin besar, terutama foto dan video.

Portable SSD yang paling sering kita temui dan paling umum digunakan adalah portable SSD dari SanDisk. SanDisk adalah pemain lama dalam bidang ini, sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, bahkan dapat dikategorikan premium.

SanDisk sendiri memiliki 4 tipe portable SSD sejauh ini, yaitu:

  • SanDisk Extreme Portable SSD (V1) dengan kode produk SDSSDE60
  • SanDisk Extreme Portable SSD V2 dengan kode produk SDSSDE61
  • SanDisk Extreme PRO Portable SSD (V1) dengan kode produk SDSSDE80
  • SanDisk Extreme PRO Portable SSD V2 dengan kode produk SDSSDE81

Perbandingan SanDisk Extreme Portable SSD

Secara umum Portable SSD SanDisk Extreme memiliki fitur tahan air dan debu dengan standard IP55, compatible dengan Windows dan Mac, dapat langsung dihubungkan dengan handphone, default konektornya adalah USB C namun diberikan juga converternya agar bisa menjadi USB A. Portable SSD Sandisk Extreme memiliki ukuran tebal sekitar 1cm, lebar 5cm, dan panjang 10cm.

Portable SSD SanDisk Extreme V1

Perbedaan dari keempat tipe tersebut terletak pada kecepatan dan versi interface USB yang digunakan.

KecepatanInterface
SanDisk Extreme Portable SSD V1550 Mb/sUSB 3.1 Gen 2
SanDisk Extreme Portable SSD V21000 Mb/sUSB 3.2 Gen 2
SanDisk Extreme PRO Portable SSD V11050 Mb/sUSB 3.1 Gen 2
SanDisk Extreme PRO Portable SSD V22000 Mb/sUSB 3.2 Gen 2×2

Saat ini kapasitas yang tersedia mulai dari 250Gb hingga 2Tb. Harga mulai dari Rp 1.065.000 untuk SanDisk Extreme Portable SSD V1 versi 250Gb hingga Rp 5.780.000 untuk SanDisk Extreme PRO Portable SSD V2 versi 2Tb.

Portable SSD SanDisk sangat mudah ditemukan di seluruh online marketplace yang sering kita gunakan, dan termasuk yang ketersediaannya paling banyak.

Leave a Comment

Your email address will not be published.