Si Biru, Teh Telang (Butterfly Pea Tea / Clitoria Tea)

Teh Telang (Butterfly Pea Tea - Clitoria Tea) Seduh - Herwin

Pernah dengar Teh Telang (Butterfly Pea Tea / Clitoria Tea)? Si biru ini lagi naik daun belakangan, terutama di kancah social media, karena warnanya yang begitu menawan dan unik untuk difoto.

Bunga  Telang

Teh telang, sesuai dengan namanya, berasal dari bunga telang. Bunga yang berwarna biru / ungu ini ketika diseduh akan menghasilkan air seduhan yang juga berwarna biru seperti bunganya.

Tanaman telang ini adalah tanaman asli daerah asia tenggara, khususnya Indonesia, Myanmar, Thailand, Malaysia dan Filipina.

Telang selain dikonsumsi sebagai teh, juga digunakan sebagai pewarna makanan (kue, ketan, nasi, dll), minuman tradisional, dan sebagai obat tradisional.

Teh telang ini memiliki keunikan jika dicampur dengan bahan-bahan lainnya, terutama jika bercampur dengan bahan yang asam seperti lemon, warnanya akan berubah menjadi ungu.

Teh telang ini dipercaya memiliki manfaat:

  • Kaya dengan aktioksidan
  • Menyehatkan rambut dan kulit
  • Menyehatkan pengelihatan
  • Meningkatkan kesuburan
  • Meningkatkan sistem imun
  • Mengobati sakit tenggorokan
  • Penguat daya ingat

Cara membuatnya sangat mudah, seperti menyeduh teh biasanya. Masukkan 3-5 bunga telang kering untuk 1 gelas penyajian, lalu tuangkan air panas, tunggu 5-10 menit, teh bunga telang sudah siap dinikmati.

Saya juga sudah mencobanya. Saya beli di suatu toko online bersama dengan bunga krisan kering, yang juga akan saya seduh sebagai teh.

Selamat mencoba!

1 thought on “Si Biru, Teh Telang (Butterfly Pea Tea / Clitoria Tea)”

  1. Pingback: Teh Bunga Telang dan Teh Bunga Krisan - Herwin Lab

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *